Inilah Makanan Yang Bisa Mempercepat Penyembuhan Luka

tzzzzzzz
Pernahkah anda mengalami luka pada kulit anda dan luka tersebut lama sembuhnya Boleh jadi anda mengalami defisiensi/kekurangan mineral Zinc (seng). Zinc mempunyai peranan khusus dalam metabolisme kulit dan jaringan ikat. Hal ini diketahui secara tidak langsung semenjak zaman Yunani kuno, ketika calamine lotion yaitu sejenis lotion kulit yang mengandung ZnCO3 pertama kali digunakan untuk kulit. Didalam dunia kedokteran, khususnya pada pasien pasca operasi, diberikan zinc (ZnSO4) untuk mempercepat penutupan luka akibat proses operasi.

Kemampuan Zinc dalam mempercepat penutupan luka ini disebabkan karena zinc mempunyai peranan yang penting dalam sintesa protein dan proses replikasi (perbanyakan) sel-sel tubuh. Struktur kulit kita terdiri dari jaringan ikat yang tersusun oleh protein. Pada kondisi defisiensi zinc, maka proses sintesa protein dan replikasi dari sel-sel jaringan ikat bawah kulit akan menjadi terhambat. Sehingga proses penutupan luka akan terhambat pula.

Makanan yang tinggi kandungan zinc-nya antara lain adalah; daging, kerang-kerangan, biji-bijian, serealia dan kacang-kacangan. Namun kandungan zinc terbanyak ditemukan pada makanan kacang-kacangan. Kebutuhan zinc perharinya adalah 15 mg untuk dewasa. Dari jumlah tersebut hanya 20-30% saja yang diserap oleh tubuh kita. Kebutuhan tubuh akan zinc akan meningkat pada kondisi tubuh seperti proses pertumbuhan , penyakit ginjal, hemodialisa (cuci darah), kecanduan alkohol serta rematik.

Jadi, jika anda mengalami luka pada kulit dan ingin cepat sembuh. Perbanyaklah makan kacang-kacangan. Selain kaya akan mineral zinc, kacang juga tinggi kandungan proteinnya sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan luka anda.
zzzz

0 komentar:

Poskan Komentar

Slidershow